Sejarah Tas Dowa


Sejarah tas dowa jogja

Sejarah tas dowa jogja

 

Kapan DOWA dilahirkan?

 

Sejarah Tas Dowa pertama kali diluncurkan pada tanggal 11 April 2008 di dua showroom pertamanya di Jl. Godean Km. 7 Yogyakarta dan Hotel Novotel Yogyakarta dengan tema Love, Peace, & Harmony. Sejak saat itulah tanggal 11 April di peringati sebagai hari ulang tahun Dowa.

 

Sebelum meluncurkan Tas Dowa, saya telah menjadi eksportir tas wanita ke negara – negara di Amerika & Eropa yaitu sejak tahun 1990 atau tepatnya 26 tahun lalu. Merk – merk terkenal di Eropa ketika itu memproduksi sebagian koleksi tas mereka di pabrik saya, seperti: Biasia Francesco, Missoni, Mazzini, GF Ferre, dan lain sebagainya. Sedangkan di Amerika Serikat, produk – produk saya dijual menggunakan merk The Sak dan Jacqueine Ferrer yang dijual di pusat – pusat retail terkemuka seperti: Macy’s, JC Penney, Neiman Marcus, Blooming Dale.

 

Saat itu, tas – tas dowa yang saya produksi tidak tersedia untuk dijual di Indonesia. Negara di Asia yang terdekat yang menjual produk – produk saya adalah di Singapura. Ketika itu, produksi tas wanita khusus untuk pasar ekspor telah mencapai 30.000 hingga 70.000 buah per bulan.

 

Saya pun tersadar bahwa produk tas wanita saya yang demikian digemari di Amerika dan Eropa tidak bisa dinikmati oleh wanita – wanita di negara saya sendiri, Indonesia.

 

Mulailah saya terpikir untuk menciptakan merk sendiri dan mulai memasarkan produk saya di dalam negeri.

 

“Lahirlah Tas Dowa Jogja, yang berarti Doa”.

 

Dulu ketika saya berproduksi menggunakan merk – merk Amerika dan Eropa, warna dan model dikreasikan bersama dengan tim saya dan tim desainer Amerika dan Eropa untuk pasar masing – masing.

 

Untuk merk Tas Dowa Jogja, sejak pertama kali diluncurkan yaitu tahun 2008 hingga akhir tahun 2011, konsep desain dan pemilihan warna dilakukan di Italia berkolaborasi dengan Studio Verney Italy. Namun, sejak 2012 sampai saat ini, tim desainer Dowa telah mampu mandiri dalam menentukan pilihan – pilihan produksinya.

 

Para buyer di Amerika dan Eropa pun kini justru mempercayakan warna dan model sepenuhnya kepada Dowa. Sehingga semua produk – produk yang diekspor sejak itu adalah hasil kreasi Dowa seutuhnya.

 

Bagaimana Proses Kreatif di Tas Dowa Berlangsung?

 

Empat tahun pertama, yaitu dari tahun 2008 hingga 2011, konsep desain Dowa dikerjakan di Italia.

 

Setiap tahun pada bulan Maret dan September tim saya bersama tim Studio Verney Italy menyusun konsep untuk koleksi terbaru Dowa, berdasarkan tren warna dan tren mode yang setiap tahun pada bulan Februari dan Agustus dipresentasikan di Paris, Perancis. Proses tersebut lah yang membuat warna dan gaya Dowa sangat fashionable dan layak disandingkan dengan koleksi merk – merk ternama di Eropa.

 

Berbekal pengalaman ekspor selama 18 tahun dan kolaborasi dengan tim desainer Studio Verney Italy selama 4 tahun, sejak tahun 2012 Dowa sudah mampu secara mandiri berkreasi melahirkan koleksinya dengan tetap secara rutin menghadiri pameran tren mode dunia setiap bulan Februari dan Agustus di Paris, Perancis serta bertemu pensuplai material terpilih tingkat dunia untuk mendapatkan ide dan bahan yang tepat.

 

Kapan saja Dowa meluncurkan produk baru?

 

Tas Dowa Jogja meluncurkan produk terbarunya bersamaan pada saat merk – merk terkemuka di Eropa meluncurkan koleksi terbarunya, yaitu pada bulan April untuk koleksi Spring Summer dan Oktober untuk koleksi Fall Winter.

 

Selain waktu – waktu tersebut Dowa juga meluncurkan koleksi liburan pada bulan Juli untuk menyambut libur sekolah dan bulan Desember untuk menyambut Natal serta Tahun Baru.

 

Dalam satu tahun, Dowa mengeluarkan kreasi – kreasi terbarunya sebanyak empat kali, yaitu pada bulan April, Juli, Oktober, dan Desember, dengan mengambil tema yang berbeda – beda setiap kalinya.